Total Pengunjung

Selasa, 02 Oktober 2012

(Europe) June1944-1945

1.D-DAY Normmandy june,6 1944
Sebuah pertempuran yang mengakibatkan angkatan udara,angkatan laut,dan angkatan darat,dimana Jendral "Ike"Eisenhower menempatkan pertempuran ini pada tanggal 6 Juni 1944.Pertempuran ini adalah sebuah pertempuran yang melibatkan sekutu AS untuk yang pertama kalinya dimedan perang eropa.
Angkatan Laut disebut Navyceal.
Angkatan Udara disebut Airborne.
Operasi Overlord atau D-day adalah sebuah pertempuran yang bertujuan untuk memukul mundur Jerman,dan untuk pembebasan sebagian wilayah eropa.
Operasi Overlord bukanlah pertempuran inti,melainkan pengalihan.
Hingga kini Invasi Normandia merupakan invasi laut,udara terbesar dalam sejarah, dengan hampir tiga juta tentara menyeberangi Selat Inggris dari Inggris ke Perancis,Normandia yang diduduki oleh tentara Nazi Jerman.

.Operasi Overlord adalah operasi ampibi terbesar dalam sejarah,dengan dukungan armada terdiri tak kurang dari 5.333 kapal perang,kapal pengangkut,termasuk kapal pendarat.

 Allied Expeditionary Forces
 Supreme Commander: General Dwight D. Eisenhower

                                                                                                                                   

Western Task Force                                                                                                    Eastern Task Force    
 Eighth Air force                                                                                                  Second Tactical Air force
 Ninth Air Force

V Corps                                                                                                                           !st British Corps


VII Corps                                                                                                                      30th British Corps

1st Infantry Division                                                                                                     3rd Infantry Division

4th Infantry Division                                                                                               6th British Airborne Div.

29th Infantry Division                                                                                           50th British Airborne Div.

82nd Airborne Div.                                                                                             3rd Canadian Infantry Div.

101st Airborne Di



Normandia diserbu dari Laut&Udara



Pendaratan udara Amerika Serikat


"Flash,Thunder"kode balasan pasuka payung Amerika,ketika mendarat di lokasi pendaratan.

Pendaratan udara Amerika Serikat dilakukan oleh Divisi Lintas Udara ke-82 (Operasi Detroit) dan 101 (Operasi Chicago). Pada saat pendaratan, para penerjun payung tersesat dan tidak dapat berkumpul dengan baik. Ini dikarenakan oleh lokasi pendaratan yang tidak ditandai, cuaca yang buruk, dan medan yang sulit. Setelah 24 jam, hanya 2.500 dari 6.000 anggota Divisi Lintas Udara 101 yang telah bergabung kembali. Tetapi, tersebarnya pasukan penerjung payung Amerika Serikat membantu membingungkan tentara Jerman.


Pendaratan udara Britania Raya


Di timur lokasi pendaratan laut, terdapat wilayah yang terbuka dan datar, yang ideal untuk serangan kendaraan lapis baja Jerman. Namun, wilayah terbuka tersebut dan lokasi pendaratan laut dipisahkan oleh Sungai Orne, yang mengalir dari Caen sampai Tanjung Seine. Satu-satunya penyeberangan sungai ini di utara Caen berada tujuh kilometer dari lokasi pendaratan laut, yaitu di dekat BĂ©nouville dan Ranville. Untuk Jerman, ini merupakan satu-satunya rute untuk serangan balik dari samping timur, sementara bagi Sekutu, penyeberangan ini sangat penting untuk serangan ke Caen.
Pasukan payung Amerika dan U.K terjun dengan pesawat DakotaC-47 milik Amerika,yang terbang dalam formasi V.Kini mereka berada diatas Selat Channel.

Pendaratan dari Laut
Kini kita lihat pendaratan sekutu.Pantai Normandia dibagi-bagi dan diberi kode Utah & Omaha untuk pendaratan Amerika,serta Gold,Juno,& Sword sebagai tempat pendaratan Inggris.
Jerman tidak menduga kedatangan sekutu.Waktu itu sudah dini hari tanggal 6 Juni.Diudara tidak ada pesawat terbang Jerman dan di laut tidak ada kapal perang  Jerman.Baru pada pukul 03.09 tanggal 6 Juni itu radar Jerman dapat mencium sesuatu yang luar biasa mendekati pantai yang telah mereka kuasai.Pada waktu itulah pasukan payung sekutu payung mulai mendarat.



Di zone pendaratan Utah rintangan di pantainnya tidak hebat,dan dalamnwaktu singkat dapat disingkirkan atau dibuat tak berdaya oleh regu-regu pasukan katak.(Underwater demolition teams atau UDT)Karena kekeliruan,maka pasukan Amerika mendarat kira-kira tiga per empat mil lebih ke selatan dari Utah.

Di pantai Omaha yang lebarnya kira-kira 10 mil,terjadi perumpahan darah Amerika yang sangat mengerikan.Omaha sama ngerinya seperti Tarawa dan Guadalcanal di medan perang pasifik.Kesalahan pertama karena dinas intelijen sekutu mengira pertahanan jerman di sana tidak kuat,ternyata ada 3 lapis rintangan yang sangat mengganggu.Celakanya bagi Amerika,kebetulan Omaha dijaga pula oleh divisi jerman yang terlatih dengan baik dan berpengalaman.Pasukan sekutu Amerika di pantai Omaha sangat menderita mereka di hujani peluru MG42 Jerman,dan beberapa orang ada yang terkena ranjau,kaki yang putus,tangan yang hilang&potongan tubuh dimana-mana,tetapi seperti itulah resiko bagi seorang tentara yang rela mati,dan harus rela kehilangan apapun dari tubuhnya.
Amerika&inggris:
45.000 tewas
173.000 terluka atau hilang[3]
Jerman:
200.000 tewas, terluka, atau hilang
200.000 tertangkap
tabel diatas sumber:wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar